Tabulasi Data Hasil Penelitian

Hasil pengamatan yang berupa data sebagai suatu informasi selanjutnya dikomunikasikan dalam bentuk tabel, tulisan, informasi lisan, grafik, atau diagram, tujuannya untuk berbagi informasi dan hasil pengamatan kepada orang lain.

Berikut ini terdapat beberapa macam cara untuk mengomunikasikan data hasil pengamatan.

a. Mengomunikasikan ciri-ciri objek sains 

Bentuk hasil pengamatan dapat berupa data kualitatif atau kuantitatif. Data kualitatif merupakan hasil pengamatan ¡ndra yang berupa deskripsi warna, bau, rasa, hasil rabaan, atau intensitas dan frekuerisi suara. Adapun data kuantitatif adalah data yang diperoleh dengan menggunakan alatukur. Alat yang mungkin digunakan untuk pengukuran adalah penggaris, timbangan, termometer, gelas ukur, pH. meter, dan sebagainya.

b. Menyajikan data dalam bentuk tabel . 

Tabel terdiri dan kolom dan bans. Ada petunjuk atau aturan yang perlu dipertimbangkan, misalnya, jika tabel terdiri dan dua kolom maka väriabel bebas diletakkan di sebelah kin dan variabel terikat di sebelah kanan.

Bila variabel terikat terdiri lebih dan satu macam, maka perlu diambil rata-ratanya. Bila dilakukan pengulangan percobaan, datanya dicatat di kolom variabel terikat yang dibagi dalam kolom. Tabel data dibeni judul secara jelas untuk mengomunikasikan tujuan eksperimen dengan menyebutkan variabel-variabel yang diteliti.

c. Mengomunikasikan data dalam bentuk grafik atau diagram 

Grafik dapat mengomunikasikan hasil pengamatan atau hasil percobaan.

Penyajian dengan grafik lebih mudah disimpulkan dan lebih rnudah dilihat kecenderungannya daripada bentuk tabel. Namun, penyusunan grafik relatif lebih sulitdaripada penyusunan tabel.

Ada beberapa macam grafik atau diagram yang tiap macamnya memiliki tujuan yang berbeda dalam penyajiannya, yaitu:
  1. Diagram batang
  2. Grafik garis
  3. Diagram lingkaran

Comments