Macam-Macam Bentuk Rancangan Penelitian

Dalam penelitian ilmiah terdapat beberapa jenis rancangan penelitian, di antaranya sebagai berikut.

a. Rancangan penelitian berdasarkan pengelompokan sifat permasalahannya 


  1. Rancangan penelitian eksploratif merupakan suatu bentuk rancangan penelitian yang digunakan untuk menelusuri kemungkinan adanya hubungan sebab akibat antara dua variabel yang belum pernäh diketahui
  2. Rancangan penelitian deskriptif digunakan untuk menggambarkan besarnya masalah (variabel orang, tempat, dan waktu)
  3. Rancangan penelitian analitik digunakan untuk mengetahui hubungan sebab akibat antará dua variabel secara observasional, di mana bentuk hubungan dapat berupa perbedaan, hubungan, atau pengaruh.
  4. Rancangan penelitian eskperimen digunakan untuk mengetahul hubungan sebab akibat antara dua variabel, di mana sebabnya merupakan intervensi peneliti. 
  5. Pendekatan cross sectional (transversal/studi prevalensi) adalah penelitian yang dilakukan pada satu saat atau satu periode tertentu dan pengamatan objek studi hanya dilakukan sekali.
  6. Pendekatan longitudinal/time series adalah jenis penelitian yang dilakukan pada periode waktu tertentu, untuk melihat perubahan yang terjadi mulai awal sampai waktu yang ditentukan secara berurutan.

b. Rancangan penelitian berdasarkan asal datanya


  1. Penelitian primer
    Pada penelitian primer data dikumpulkan sendiri o!eh peneliti dan data yang dulunya belurn ada harus dicari dan dikumpulkan señdiri oleh peneliti. Petielitian primer lebih dekat dengan situasi yang sebenarnya dibanding penelitian sekunder. 
  2. Penelitian sekunder
    Pada penelitian sekunder data yang diguriakan dalam penelitian merupakan data yang dikumpulkan oleh orang lain. Jadi penelitian sekunder tidak begitu dekat dengan situasi yang sebenarnya. Hal ini dikarenakan data yang diperoleh tinggal mengambil begitu saja tanpa diketahul sebélumnya tentang metode pengambilan dan váliditasnya. 

Comments