Pengertian dan Macam-Macam Manfaat Rancangan Penelitian

Dalam sebuah penelitian, yang pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan eksperimen adalah menyusun rancangan penelitian. Rancangan penelitian merupakan Iangkah-langkah yang akan diikuti oleh peneliti untuk melakukan penelitian.

Rancangan penelitian ini disusun dengan tujuan untuk memperlancar proses penelitian. Tahukah Anda bagaimana cara menyusun rancangan penelitian yang baik ? Pelajarilah dalam materi ini dengan seksama.

Pengertian dan manfaat rancangan penelitian

Sebelum melakukan eksperimen, para peneliti pada umumnya menyusun rancangan penehtian terlebih dahulu. Rancangan penelitian adalah pokok-pokok perencanaan seluruh penelitian yang tertuang dalam satu kesatuan naskah secara ringkas, jelas, dan utuh.

Rancangan penelitian dibuat derigan tujuan agar pelaksanaan penelitian dapat dijalankan dengan balk, benar, dan ancar. Rancangan penelitian merupakan pedoman atau langkah-Iangkah yang akan diikuti oleh peneliti untuk melakukan penelitian.

Dalam menyusun rancangan penelitian, peneliti hendaknya sudah dapatmengidentifikasi berbagai sumber yang mendukung dan mengantisipasi faktor-faktor yang menghambat terlaksananya penelitian. Dalam menyusun rancangan penelitian perlu dicantumkan jadwal kegiatan pelaksanaan penelitian

Dalam sebuah penelitian, rancangan peneiltian memiliki manfaat sebagai berikut.

  1. Memberi pegangan yang Iebih jelas kepada peneliti dalam melakukan penefitian.
  2. Menentukan batas-batas penelitian yang bertalian dengan tujuan peneiltian,
  3. Memberi gambaran yang jelas tentang apa yang harus dilakukan dan memberi gambaran tentang macam-macam kesulitan yang akan dihadapi padasaat melakukan penelitian.

Comments