Mengenal dan Mengerti Variabel Penelitian

Variabel dapat didefinisikan sebagai suatu besáran yang dapat diubah atau berubah sehingga memengaruhi peristiwa atau hasil penelitian. Variabel dapat ditentukan dan masalah penelitian.

Variabel yang tidak memiliki variasi tidak dapat ditentukan sebagai variabel. Untuk dapat bervariasi, maka harus ada sekelompok data untuk hal yang.sama. Di dalam mengidentifikasi variabel, peneliti harus menuliskan bagaimana variabel itu diukur.


Menurut Sugiono (2009), variabel penelitlan pada dasarnya adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh penelitiuntuk ciipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, yang kemudian ditarik kesimpulannya.

Macam-macam variabel

Terdapat bermacam-macam variabel dalam penelitian, sebagai berikut.

a. Variabel independen (variabel bebas variabel eksogen)
Variabel ini sering disebut sebagai vanabel stimulus, predictor, antecedent. Datam’ bahasa lndàñesia, variabel ini sering disebut dengan variabel bebas.

Variabel ini merupakan variabel yang mernengaruhi atau yang menjadi sebab perubahan atau timbulnyavariabel terikat Variabel bebas dapat diubah-ubah harganya oleh peneliti, sehingga disebut dengan variabel manipulasi.

b. Variabel dependen (variabel terikat variabel endogen output)
Variabel dependen merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat karena adanya variabel bebas. Variabel dependen disebut juga dengan variabel terikat. Variabel ini dapat berubah-ubah harganya, akibat pemanipulasian atau akibat perubahan dan variabel bebas. .

c. Variabel moderator
Variabel moderator merupakan variabel yang memengaruhi (memperkuat dan memperlemah) hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat.

d. Variabel intervening
Variabel intervening merupakan variabel penyela/antara yang terletak di antara vaniabel bebas dan variabel terikat, sehingga variabel bebas tidak langsung memengaruhi berubahnya atau timbulnya variabel terikat. Variabel ¡ni tidak dapat diukur. .

e. Variabel kontrol
Variabel kontrol adalah variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga hubungan variabel bebas terhadap variabel terikattidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti. Variabel kontrol digunakan oleh peneliti bila akan melakukan penelitian yang bersifat membandingkan.

Menentukan variabel penelitian

Seorang peneliti dapat menentukan variabel penelitian dan percobaan yang akan dia lakukan berdasarkan permasalahan yang dia temukan.

Contoh :
Di suatu sungai yang tercemar limbah pabrik, hari demi hari ikan yang hidup di sungai tersebut populasinya berkurang. . 

Dan masalah tersebut terdapat beberapa hal penting yang dapat diteliti, yaitu limbah pabrik dan populasi ikan. Dan permasalahan tersebut, kemudian dapat ditentukan variabel penelitiannya sebagai benikut.

a. Limbah pabrik merupakan variabel manipulasi/bebas, karena iadapat memengaruhi populasi ¡kan di dalam sungai tersébut: Dalam penelitiari, limbah pabrik dapat diubah atau dimanipulasi jumlahnya untuk mengetahui pengaruhnya terhadap populasi ikan di sungai.

b. Populasi ikan merupakan variabel respons/terikat, karena perubahannya dipengaruhi oleh limbah pabrik yang merupakan vaniabel manipulasi/bebas. Setelah menentukan vaniabel dalam penelitian, maka dan permasalahan yang muncul dapat disusun sebuah rumusan masalah dengan mengacu pada variabel yang telah ditentukan.

Contoh rumusan masalah: . 
Apakah terdapat pengaruh limbah pabrik terhadap populasi ikan di sungai?

Comments