Langkah Menganalisis Data Peneltian

Dalam metode ilmiah, Iangkah yang dilakukan setelah melakuban observasi, merumuskan masaiah, membuat hipotesis, dan menyusun rancangan penelitian, adalah melaksanakcin penelitian atou eksperimen. Eksperimen inilah yang merupakan intl dan sebuah metode ilmiah.

Eksperimen dilakukan untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan dan membuktikan kebenarannya. Dalam pelaksanaan penelitian, harus ditentukan objek penelitian secara tepat. Langkah inilah yang telah menentukan berhasil tidaknya sebuah penelitian.

Dapatkah Anda menjelaskan langkah-langkah apa saja yang dilakukan dalam proses eksperimen ini? Untuk mengehtaui jawabannya pelajarilah meteri ini dengan saksama :

Teknik analisis data

Dalam penelitian kuantitatif, teknik analisis data yang digunakan adalah metode statistik. Statistik yang biasa digunakan untuk peneliti pemula adalah statistik deskriptif.

Statistik deskniptif adalah statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendekripsikan atau menggambarkan data yarg telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi.

Setelah memperoleh hasil dan anälisis data, langkah selanjutnya adalah menarik kesimpulan. Kesimpulan dibuat bendasarkan pada hasil eksperimen/percobaan. Kesimpulan. adadua kemungkinan. Kemungkinan pertama, hipotesis ditolak. ini berarti, bahwa dugaan sémentara tidàk sesuai dengan hasil eksperimen. Kemungkinan kedua, hipotesis diterima.

Ini berarti bahwa dugaan sementara sesuai dengan hasil eksperiment ditolak atau diterimanya hipotesis berdasar hasil eksperimen tetap memberikan sumbangan yang sama artinya terhadap ilmu péngetahuan. Justru ketidaksarnaan antara hasil eksperimen dan hipotesis hendaknya memberi arah pada peneliti untuk mencapai kesempurnaan hasil.

Comments